1. 1. Berikan Pendapat anda
mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan Danone untuk produk
AQUA ?
Menurut saya strategi perusahaan
Danone untuk produk aqua sudah sangat baik. Karena aqua secara langsung
mengajak masyarakat peduli dengan lingkungan dan mengajak masyarakat peduli
terhadap tubuh dengan minum 8 gelas aqua setiap hari, sehingga di mata
masyarakat aqua merupakan minuman yang benar-benar baik untuk di konsumsi dan
higienis. Bukan hanya itu produk aqua juga memasang iklan billboard, print Ad,
TV Commercial sehingga masyarakat semakin mengetahui aqua sehingga tertarik
untuk membeli produk ini. Serta aqua juga membuka transparansi kunjungan kepada
masyarakat agar masyarakat secara langsung dapat melihat proses produksi produk
aqua ini ,sehingga masyarakat semakin percaya bahwa di dalam produk aqua tidak
terdapat bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.
Aqua juga
mengadakan program 1untuk 10 dimana, program 1 untuk 10
memerlukan media untuk menjadikan program ini booming di
masyarakat. Oleh karena itu, Aqua mencoba menggunakan beberapa media untuk
mempublikasikan kampanye ini. Publikasi yang dilakukan dapat berbentuk iklan,
foto, dan video.
Pertama Aqua melakukan iklan di TVC dengan
video mengenalkan gerakan 1 untuk 10. Menurut sumber dari youtube yang
diakses tanggal 29 September 2017, iklan TVC sudah ditonton sebanyak 2,7 rb
kali.
Kedua, Aqua juga melakukan kampanye di Instagram dalam
bentuk video dan foto. Aqua juga memanfaatkan endorse untuk
ditampilkan di video pada instagram. Aqua menggandeng beberapa
artis seperti Dian Sastro, Bambang Pamungkas, sonia eryka, Sarah Sechan, dan
lain sebagainya. Dari foto kampanye 1 untuk 10 mampu mendapatkan perhatian
publik dengan likes sebanyak 1198.
Dari beberapa video artis yang di-posting mendapatkan
perhatian publik. Video Sonia Eryka dengan viewers sebanyak
4837, video Sarah Sechan dengan 7872 viewers, video Bambang
pamungkas mendapat 5.298 viewers, video Bayu Ario dengan viewers sebanyak
3.000, Video TaraBasro dengan 6.098 viewers, Yura Yunita
mendapatkan viewers sebanyak 4.435, dan Bara suara dengan
3.598 viewers. Dengan menggaet kerjasama dengan artis dalam
bentuk kampanye video dan foto mampu menarik perhatian publik. Mayarakat mulai
mem-posting foto di akun media sosial pribadi dengan menempelkan
tulisan Aqua 1 untuk 10 dari botol di pergelangan tangan disertai mengacungkan
jari telunjuk ke udara. Ada beberapa foto yang berhail di-captured oleh
akun Aquasehat di instagramyang mampu meraih likes sebanyak
2991. Tidak hanya itu, setelah di lakukan survei deskop ternyata ditemukannya
#1untuk10 di instagram mencapai 10.647 post.
Dari pemaparan di atas dapat dianalisis
keefektifan strategi komunikasi CSR Aqua dengan program 1 untuk 10. Dapat dilihat
bahwa strategi komunikasi CSR cukup efektif Karena pertama, kampanye tersebut
mampu meningkatkan awareness dari masyarakat dilihat
dari posting-an, likes, dan viewers di
media contohnya yaitu instagram dan portal online.
Kedua, Aqua mendapatkan keuntungan dengan adanya peningkatan penjualan produk
karena konsumen membeli 1 liter Aqua supaya Aqua dapat melakukan program 1
untuk 10.
Adanya pula peningkatan citra pada perusahaan
Aqua ini sendiri. Peningkatan citra perusahaan tersebut merupakan manfaat
yang diperoleh dari adanya publikasi dan iklan-iklan yang menayangkan program
Danone Aqua : 1 liter Aqua = 10 liter Air Bersih ini. Dengan demikian,
masyarakat akan menilai bahwa Aqua telah memberikan kontribusi besar kepada
masyarakat terutama masyarakat NTT. Adanya peningkatan citra perusahaan Aqua
ini sendiri, secara tidak langsung akan memberikan kontribusi secara signifikan
terhadap pendapatan yang diraih oleh Aqua dengan pertumbuhan mencapai 19,5%
(Fitria, 2011, Para. 2).
Program Aqua ini cukup menfasilitasi untuk
kemajuan masyarakat NTT mengenai akses air bersih sehingga mampu meningkatkan
kebersihan dan kesehatan dari masyarakat setempat. Akan tetapi ada beberapa
kritik dan saran yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
·
Program
ini terlaksana karena adanya donasi dari konsumen oleh karena itu seharusnya
Aqua bertanggung jawab kepada konsumen akan penggunaan dana dengan menyertakan
atas nama konsumen pada program 1 untuk 10.
·
Dengan
program ini adanya pemacu untuk meningkatkan penjualan dengan membeli botol
Aqua bearti Aqua semakin melakukan ekploitas air di Daerah Klaten seharusnya
Aqua juga bertanggung jawab akan kegiatan ekploitasi ini.
·
Daerah
ekploitasi air dilakukan di Daerah Klaten namun yang diberikan CSR di daerah
NTT padahal masih banyak masalah sosial di Klaten seperti akses air bersih
masih kurang, akses penerangan, akses jalan, dan lain sebagainya.
·
Program
membeli 1 berarti memberikan bantuan 10 liter air bersih memicu penjualan
naik 19,5%, berarti Aqua perlu memikirkan tindaklanjut akan penambahan
limbah plastik dan ekploitasi air karena program ini.
·
Perlu
dibuat strategi manajemen air di Daerah Nusa Tenggara Timur sehingga tidak
menyebabkan ekploitasi air
2. 2. Apakah promosi ini dapat
dilakukan di negara lain selain Indonesia ?
Menurut saya sistem
promosi mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan, meminum 8 gelas aqua
setiap hari dan sistem promosi melalui Iklan billboard, Print Ad, dan TV
Commercial dapat saja di lakukan di luar negri. Tetapi di luar negri berbeda
dengan indonesia, karena di luar negri terdapat air minum gratis di pinggir
jalan dan air yang mengalir di kran rumah sudah langsung dapat diminum karena
sudah di filter langsung.
Karena disana air
merupakan barang mahal contohnya di Australia air 2L seharga Rp 20.000
sedangkan susu 2L seharga Rp. 10.000 berbeda dengan indonesia air 2L seharga
5.000 sedangkan susu 2L seharga Rp. 15.000. Di Australia air merupakan barang
mahal karena disana susah untuk mendapatkan air bersih sehingga menurut saya
jika aqua ingin mengembangkan produk ke luar negri, produk aqua harus berani
membanting harga di pasaran luar negri sehingga dengan harga yang tidak terlalu
mahal konsumen luar negri tertarik untuk menikmati produk aqua.
3. 3. Cobalah untuk merancang
strategi promosi global untuk produk Aqua Danone
Menurut saya untuk
merancang strategi promosi global adalah dengan cara produk aqua mensponsori
salah satu klub sepak bola di Eropa yang memiliki jumlah Fans yang banyak di
dunia ,dengan membeli beberapa saham dari klub sepak bola itu maka nama AQUA
akan ada di baju yang digunakan oleh klub itu bertanding sehingga nama aqua
semakin terkenal di Dunia.
Contohnya, Manchester
United merupakan klub sepak bola dengan pendukung terbanyak di dunia dengan 856
juta penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Jika aqua berani membeli saham
Manchester united maka merk aqua akan terpampang di baju Manchester United
tersebut. Sehingga masyarakat yang menonton manchester united bertanding akan
melihat nama aqua terdapat di bajunya sehingga secara langsung nama aqua akan
terkenal di dunia dan kemungkinan besar orang-orang akan penasaran membeli
produk tersebut sehingga penjualan aqua akan meningkat setiap harinya.
Kelompok 6 :
Achmad Rafly (10215066)
Desi Atika Sari (11215714)
Devy Adellah (11215771)
Sharadea K. (16215520)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar