Senin, 26 November 2018

Strategi Danone

1.      1. Berikan Pendapat anda mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan Danone untuk produk AQUA ?

Menurut saya strategi perusahaan Danone untuk produk aqua sudah sangat baik. Karena aqua secara langsung mengajak masyarakat peduli dengan lingkungan dan mengajak masyarakat peduli terhadap tubuh dengan minum 8 gelas aqua setiap hari, sehingga di mata masyarakat aqua merupakan minuman yang benar-benar baik untuk di konsumsi dan higienis. Bukan hanya itu produk aqua juga memasang iklan billboard, print Ad, TV Commercial sehingga masyarakat semakin mengetahui aqua sehingga tertarik untuk membeli produk ini. Serta aqua juga membuka transparansi kunjungan kepada masyarakat agar masyarakat secara langsung dapat melihat proses produksi produk aqua ini ,sehingga masyarakat semakin percaya bahwa di dalam produk aqua tidak terdapat bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.
Aqua juga mengadakan program 1untuk 10 dimana, program 1 untuk 10 memerlukan media untuk menjadikan program ini booming di masyarakat. Oleh karena itu, Aqua mencoba menggunakan beberapa media untuk mempublikasikan kampanye ini. Publikasi yang dilakukan dapat berbentuk iklan, foto, dan video.
Pertama Aqua melakukan iklan di TVC dengan video mengenalkan gerakan 1 untuk 10. Menurut sumber dari youtube yang diakses tanggal 29 September 2017, iklan TVC sudah ditonton sebanyak 2,7 rb kali.
 Kedua, Aqua juga melakukan kampanye di Instagram dalam bentuk video dan foto. Aqua juga memanfaatkan endorse untuk ditampilkan di video pada instagram. Aqua menggandeng beberapa artis seperti Dian Sastro, Bambang Pamungkas, sonia eryka, Sarah Sechan, dan lain sebagainya. Dari foto kampanye 1 untuk 10 mampu mendapatkan perhatian publik dengan likes sebanyak 1198.
Dari beberapa video artis yang di-posting mendapatkan perhatian publik. Video Sonia Eryka dengan viewers sebanyak 4837, video Sarah Sechan dengan 7872 viewers, video Bambang pamungkas mendapat 5.298 viewers, video Bayu Ario dengan viewers sebanyak 3.000, Video TaraBasro dengan 6.098 viewers, Yura Yunita mendapatkan viewers sebanyak 4.435, dan Bara suara dengan 3.598 viewers. Dengan menggaet kerjasama dengan artis dalam bentuk kampanye video dan foto mampu menarik perhatian publik. Mayarakat mulai mem-posting foto di akun media sosial pribadi dengan menempelkan tulisan Aqua 1 untuk 10 dari botol di pergelangan tangan disertai mengacungkan jari telunjuk ke udara.  Ada beberapa foto yang berhail di-captured oleh akun Aquasehat di instagramyang mampu meraih likes sebanyak 2991. Tidak hanya itu, setelah di lakukan survei deskop ternyata ditemukannya #1untuk10 di instagram mencapai 10.647 post.
Dari pemaparan di atas dapat dianalisis keefektifan strategi komunikasi CSR Aqua dengan program 1 untuk 10. Dapat dilihat bahwa strategi komunikasi CSR cukup efektif Karena pertama, kampanye tersebut mampu meningkatkan awareness dari masyarakat dilihat dari posting-an, likes, dan viewers di media contohnya yaitu instagram dan portal online. Kedua, Aqua mendapatkan keuntungan dengan adanya peningkatan penjualan produk karena konsumen membeli 1 liter Aqua supaya Aqua dapat melakukan program 1 untuk 10.
 Adanya pula peningkatan citra pada perusahaan Aqua ini sendiri.  Peningkatan citra perusahaan tersebut merupakan manfaat yang diperoleh dari adanya publikasi dan iklan-iklan yang menayangkan program Danone Aqua : 1 liter Aqua = 10 liter Air Bersih ini. Dengan demikian, masyarakat akan menilai bahwa Aqua telah memberikan kontribusi besar kepada masyarakat terutama masyarakat NTT. Adanya peningkatan citra perusahaan Aqua ini sendiri, secara tidak langsung akan memberikan kontribusi secara signifikan terhadap pendapatan yang diraih oleh Aqua dengan pertumbuhan mencapai 19,5% (Fitria, 2011, Para. 2).
Program Aqua ini cukup menfasilitasi untuk kemajuan masyarakat NTT mengenai akses air bersih sehingga mampu meningkatkan kebersihan dan kesehatan dari masyarakat setempat. Akan tetapi ada beberapa kritik dan saran yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
·         Program ini terlaksana karena adanya donasi dari konsumen oleh karena itu seharusnya Aqua bertanggung jawab kepada konsumen akan penggunaan dana dengan menyertakan atas nama konsumen pada program 1 untuk 10.
·         Dengan program ini adanya pemacu untuk meningkatkan penjualan dengan membeli botol Aqua bearti Aqua semakin melakukan ekploitas air di Daerah Klaten seharusnya Aqua juga bertanggung jawab akan kegiatan ekploitasi ini.
·         Daerah ekploitasi air dilakukan di Daerah Klaten namun yang diberikan CSR di daerah NTT padahal masih banyak masalah sosial di Klaten seperti akses air bersih masih kurang, akses penerangan, akses jalan, dan lain sebagainya.
·         Program membeli 1 berarti memberikan bantuan 10 liter air bersih memicu penjualan  naik 19,5%, berarti Aqua perlu memikirkan tindaklanjut akan penambahan limbah plastik dan ekploitasi air karena program ini.
·         Perlu dibuat strategi manajemen air di Daerah Nusa Tenggara Timur sehingga tidak menyebabkan ekploitasi air


2.      2. Apakah promosi ini dapat dilakukan di negara lain selain Indonesia ?
Menurut saya sistem promosi mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan, meminum 8 gelas aqua setiap hari dan sistem promosi melalui Iklan billboard, Print Ad, dan TV Commercial dapat saja di lakukan di luar negri. Tetapi di luar negri berbeda dengan indonesia, karena di luar negri terdapat air minum gratis di pinggir jalan dan air yang mengalir di kran rumah sudah langsung dapat diminum karena sudah di filter langsung.
Karena disana air merupakan barang mahal contohnya di Australia air 2L seharga Rp 20.000 sedangkan susu 2L seharga Rp. 10.000 berbeda dengan indonesia air 2L seharga 5.000 sedangkan susu 2L seharga Rp. 15.000. Di Australia air merupakan barang mahal karena disana susah untuk mendapatkan air bersih sehingga menurut saya jika aqua ingin mengembangkan produk ke luar negri, produk aqua harus berani membanting harga di pasaran luar negri sehingga dengan harga yang tidak terlalu mahal konsumen luar negri tertarik untuk menikmati produk aqua.


3.       3. Cobalah untuk merancang strategi promosi global untuk produk Aqua Danone
Menurut saya untuk merancang strategi promosi global adalah dengan cara produk aqua mensponsori salah satu klub sepak bola di Eropa yang memiliki jumlah Fans yang banyak di dunia ,dengan membeli beberapa saham dari klub sepak bola itu maka nama AQUA akan ada di baju yang digunakan oleh klub itu bertanding sehingga nama aqua semakin terkenal di Dunia.
Contohnya, Manchester United merupakan klub sepak bola dengan pendukung terbanyak di dunia dengan 856 juta penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Jika aqua berani membeli saham Manchester united maka merk aqua akan terpampang di baju Manchester United tersebut. Sehingga masyarakat yang menonton manchester united bertanding akan melihat nama aqua terdapat di bajunya sehingga secara langsung nama aqua akan terkenal di dunia dan kemungkinan besar orang-orang akan penasaran membeli produk tersebut sehingga penjualan aqua akan meningkat setiap harinya. 

Kelompok 6 :
Achmad Rafly (10215066)
Desi Atika Sari (11215714)
Devy Adellah (11215771)
Sharadea K. (16215520)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar